Senin, 28 Agustus 2017

Triple Filter Test" sebuah kiriman dari sahabatKU.

 "Triple Filter Test"
Socrates adalah seorang Filsuf besar Yunani yang terkenal memiliki pengetahuan yang tinggi dan sangat terhormat. 
Suatu hari seorang kenalannya bertemu dengan Socrates dan berkata "Tahukah Anda apa yang saya dengar tentang teman anda ?.
Tunggu sebentar, Socrates jawab. "Sebelum anda menceritakan apapun pada saya, saya akan memberi suatu test sederhana yang disebut "Triple Filter Test"

Filter Pertama, KEBENARAN
"Apakah Anda yakin bahwa apa yang akan anda katakan pada saya itu benar?
"Tidak" jawab orang itu "Sebenarnya saya hanya mendengar tentang itu "

Baik, kata Socrates. Jadi anda tidak yakin itu benar. Baiklah sekarang saya berikan filter yang ke 2.

Filter ke 2, KEBAIKAN
"Apakah yang akan anda katakan tentang teman saya itu sesuatu yang baik ??.
"Tidak malah sebaliknya".
"Jadi Socrates melanjutkan. :" Anda akan menceritakan sesuatu yang buruk tentang dia, tetapi anda tidak yakin apakah itu benar"

Anda masih memiliki satu kesempatan lagi, masih ada satu filter lagi, yaitu Filter yang ke 3.

Filter ke 3, KEGUNAAN
Apakah yang akan anda katakan pada saya tentang teman saya itu berguna bagi saya ??..
"Tidak sama sekali tidak"

"Jadi Socrates menyimpulkannya, bila anda ingin menceritakan sesuatu yang : 1)Belum tentu benar, 2) Bukan tentang kebaikan, dan 3) bahkan TIDAK BERGUNA bagi saya. MENGAPA anda harus menceritakan kepada saya?"

Demikianlah mengapa Socrates dianggap sebagai seorang filsuf Besar dan sangat terhormat. jadi gunakanlah Triple Filter test setiap kali kita mendengar atau menyampaikan sesuatu tentang kawan kita atau orang lain.

Jika bukan Kebenaran, bukan kebaikan dan tidak ada kegunaan yang positif, tidak perlu kita terima atau dengar apalagi kita sampaikan kepada orang lain. 
Dan apabila kita terlanjur mendengarnya, JANGAN SAMPAIKAN pada orang lain dan jangan menyebarkan dan menyakiti hati orang lain karena kita. Inilah arti PERSAUDARAAN YANG BERMARTABAT SERTA MEMILIKI NILAI TERTINGGI.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar